ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM TERPADU (INTEGRATED CURRICULUM) PADA SEKOLAH-SEKOLAH BERLABEL ISLAM DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Gagasan
Dalam karyanya yang paling monumental, Muqaddimah, Ibnu Khaldun pernah menegaskan, bahwa secara manusiawi, peradaban yang kalah itu cenderung mengikuti kepada peradaban yang lebih unggul dan lebih menang. Nampaknya, kaedah sosiologi inilah yang bisa menjelaskan fenomena budaya latah dan taklid (ikut-ikutan tanpa mengetahui alasannya) umat Islam dalam mengadopsi dan mengimpor seluruh aspek dari peradaban Barat.
Globalisasi atau Westernisasi bukan hanya berlangsung dalam aspek 3F atau food, fun, fashion (makanan, kesenangan, dan pakaian), seperti yang ditegaskan oleh John Naisbit, tetapi juga 1T; tought (pemikiran) Barat. Bahkan, cara kaum muslimin beriman kepada Tuhan-Nya, juga memahami kitab sucinya tidak luput dari hegemoni. Padahal, aspek inilah yang paling berbahaya, sebab ini menyangkut aspek indentitas kultural, sosial budaya dan peradaban Islam.
selengkapnya dapat didownload di sini :

http://www.ziddu.com/download/16331493/BabIII.doc.html

http://www.ziddu.com/download/16331494/BabI.doc.html

http://www.ziddu.com/download/16331495/BabII.rtf.html