PRAKATA WAKIL REKTOR IV BIDANG KERJASAMA DAN AIKA UMT DALAM KEGIATAN MASA TAARUF (MASTA) DAN PEMANTAPAN MISI INSTITUSI (TAPSTITUSI) MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Muhammadiyah sebagai pilar bangsa yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang diridhai Allah SWT, sejak awal telah menjadikan pendidikan sebagai ujung tombak pembangunan bangsa. Kiprah Muhammadiyah dalam dunia pendidikan secara nasional telah dibuktikan dengan berdirinya lembaga-lembaga pendidikan mulai dari pendidikan pra-sekolah hingga perguruan tinggi.
Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) merupakan salah satu amal usaha milik Persyarikatan Muhammadiyah. Keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari misi besar persyarikatan sebagai gerakan tajdid yang melakukan pembaharuan diberbagai bidang antara lain ekonomi, sosial, dan keagamaan. Muhammadiyah adalah gerakan tajdid modernis pertama di Indonesia yang melakukan kegiatan nyata dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
Maka, pengembangan universitas ke depan harus memperhatikan dan memadukan secara terintegratif antara misi pendidikan dengan misi persyarikatan secara konsisten. Arah pengembangan tersebut setidaknya berdasarkan pada 3 (tiga) hal, yaitu pertama eksistensi UMT tidak dapat dilepaskan dari amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah.
Kedua UMT adalah institusi penyelenggara pendidikan tinggi yang mempunyai tanggung jawab melahirkan (meluluskan), baik D-III, S1 dan S2 yang mempunyai kemampuan menguasai dan mengembangkan ilmu dan kompetensi sesuai bidangnya secara etis dan Islami (berbasis pada nilai-nilai Islam) berdasarkan pada standar kurikulum dan harapan masyarakat sebagai pengguna jasa lulusan pendidikan tinggi.
Ketiga pengembangan pendidikan UMM harus dilakukan secara terintegratif antara misi Persyarikatan Muhammadiyah dan misi pendidikan tinggi sebagai penyedia jasa bagi masyarakat pengguna
UMT ingin menjadikan kampus bukan sekedar sebagai tempat transformasi ilmu dari pihak dosen kepada mahasiswa yang berlangsung secara formal dan mekanis sifatnya, begitu pula tidak sekedar menyelenggarakan ujian-ujian untuk memperoleh sertifikat dan tanda lulus, lebih dari itu ingin menjadikan dirinya sebagai ”rumah ilmu”, yakni sebagai rumah ilmu penghuninya yang selalu memiliki ciri khas mengedepankan keberanian yang bertanggung jawab, kebebasan yang didasari kekuatan nalar yang kokoh serta keterbukaan dalam menerima segala informasi keilmuan yang diperlukan dengan dilandasi keimanan dan ketakwaan yang mantap.
Karena itu melalui kegiatan Masta dan Tapstitusi ini, UMT hendak mendorong kebebasan dan perubahan pikiran, sikap, persepsi serta pencerahan bagi para mahasiswanya sehingga kelak dalam mengikuti proses perkuliahan mampu menampilkan diri sebagai yang memiliki cara berpikir bebas yang tercerahkan dan senantiasa memiliki paradigma ilmiah dalam memandang persoalan-persoalan kemasyarakatan dan kebangsaan.
UMT juga menyadari sepenuhnya bahwa tantangan dunia global tidak bisa dihindarkan. Untuk itu, UMT sebagai kampus sebagai tempat lahirnya kader-kader pemimpin umat harus memberikan ranah pemahaman akan segala hal yang terkait dengan pergesekan dan pergeseran arus globalisasi sehingga para mahasiswa dapat bersikap dan siap berkompetisi terhadap realitas global serta menjadi kader-kader yang berkualitas, di antaranya melalui pembangunan kemampuan dan kapabilitas (kompetensi) personal maupun kolektif.
Dan semoga dengan pelaksanaan Masta dan Tapstitusi ini langkah awal lahirnya calon-calon akademisi handal, profesional dan memiliki semangat perubahan serta pencerahan akan terwujud. Semoga Allah yang Maha Esa melimpahkan kepada kita kesiapan mewujudkan perubahan yang lebih baik dengan bekal ilmu pengetahuan yang kalian peroleh di kampus Universitas Muhammadiyah Tangerang yang kita banggakan ini.
Wakil Rektor IV UMT
Ttd
Dr (Cand) Ahmad Amarullah, M. Pd