PRAKATA WAKIL REKTOR III BIDANG KEMAHAISWAAN DAN ALUMNI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG DALAM KEGIATAN MASA TAARUF (MASTA) DAN PEMANTAPAN MISI INSTITUSI (TAPSTITUSI) MAHASISWA BARU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Tangerang, Selamat Bergabung dan Meraih Masa Depan gemilang!!!

Puji syukur kita panjatkan Allah SWT, atas karunia-Nya sehingga sampai saat ini kita masih diberi nikmat sehat lahir dan batin, sehingga dapat melaksanakan fungsi-fungsi kekhalifahan dan penghambaan sesuai dengan kodrat penciptaan umat manusia ke alam dunia ini.
Pelaksanaan perkuliahan di Universitas Muhammadiyah Tangerang untuk semester gasal 2011/2012 segera akan dimulai. Segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Tangerang mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru. Selamat bergabung bersama kami. Gunakan waktu Anda selama menempuh pendidikan di kampus ini sebaik-baiknya. Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan pelayanan yang terbaik.
Namun kami juga minta kepada para mahasiswa untuk bekerjasama dalam pendidikan sehingga kalian bisa memenuhi harapan orangtua kalian masing-masing. Kami berharap Anda sekalian bisa berhasil dengan baik, dan nanti bisa hidup bermasyarakat dengan baik pula setelah lulus dari Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Tujuan akhir belajar di perguruan tinggi pasti akan terkait dengan keberhasilannya di dalam karir di kemudian hari. Kesuksesan ini akan terkait dengan kesejahteraan hidupnya secara ekonomi maupun spiritual. Sejak awal anda memulai kegiatan pendaftaran di UMT, aspek kejujuran telah mulai ditegakkan. Semua ketentuan yang berkaitan dengan pendaftaran mahasiswa baru diterapkan dengan ketat.
Sebagai Koordinator PMB sekaligus Wakil Rektor III UMT, sering kami mendapat kritik, keluhan dan curahan hati para orang tua yang hendak mendaftarkan diri ke UMT, mengapa sedemikian kaku prosedur dan mekanisme masuk ke UMT, sebenarnya hal itu bukanlah kaku, namun hakekatnya adalah pembelajaran untuk taat kepada yang dijanjikan dan taat kepada aturan yang ada.
Dan melalui kegiatan Masta dan Tapstitusi ini, UMT hendak mendorong revitalisasi kaakter dan potensi akademis mahasiswa dalam rangka membangun jati diri kebangsaan, sebab karakter dan potensi akademis ini merupakan suatu landasan diri untuk menjadi profesional sejati dalam ranah profesi apapun. Sebab akar gerakan kemahasiswaan berasal dari proses pendidikan yang diberikan kepada mahasiswanya. Organisasi mahasiswa seringkali menyebut proses pendidikan dan pewarisan nilai tersebut sebagai proses kaderisasi.
Landasan dari digabungkannya Masta dan Tapstitusi adalah agar mahasiswa yang baru mengalami proses pengkaderan langsung tergambar akan tanggung jawabnya sebagai insan akademis yang juga mengemban amanah caturdharma perguruan tinggi. Di antara karakter yang hendak dibangun adalah karakter kejujuran akademis mahasiwa. Sulit membayangkan mahasiswa tanpa karakter kejujuran, barangkali data yang dikumpulkan ataupun diukur di laboratorium merupakan data palsu yang tentu akan menyesatkan ilmu pengetahuan, membuat kekeliruan perhitungan, desain, rancangan, dan lain sebagainya. sehingga menyesatkan tindakan yang akan diambil.
Akibatnya tentu fatal karena kita tidak akan pernah memberikan hasil yang benar. Cara semacam itu tidak mungkin dapat menumbuhkan industri kita, berapapun insinyur dan ilmuwan yang kita miliki. Oleh karena itu kejujuran harus ditegakkan, karena akan berdampak pada lahirnya penyimpangan jika tidak dihayati dan diamalkan. Untuk itu, kepada para mahasiswa naru UMT kami tegaskan tujuan dari kegiatan MASTA adalah sebagai berikut : Mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai keislaman dan Mengenalkan sejarah muhammadiyah sebagai organisasi masyarakat islam.
Sementara kegiatan Tapstitusi adalah sebagai berikut : Mengenalkan visi, misi dan tujuan Universitas Muhammadiyah Tangerang, Mengenalkan visi, misi dan tujuan fakultas dan atau program studi di UMT, Mengenalkan struktur organisasi UMT dan lembaga-lembaga di lingkungan UMT, Mengenalkan sarana dan prasarana yang menunjang sistem pendidikan di UMT, Mengenalkan mekanisme prosedur administrasi yang terkait dengan sistem pendidikan di UMT, Mengenalkan pola pengembangan kemaha-siswaan di UMT dalam menunjang kegiatan catur dharma perguruan tinggi,
Selain itu, Tasptitusi juga diharapkan dapat mengenalkan pada berbagai organisasi mahasiswa di UMT dan perannya dalam menunjang caturdharma perguruan tinggi, Karena itu, atas nama Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Tangerang, saya berharap pelaksanaan MASTA dan TAPSTITUSI ini benar-benar memberi dampak positif dalam mengenalkan mahasiswa baru tentang amanah dan tanggung jawab sebagai calon intelektual yang jujur dan profesional.
Semoga Allah yang Maha Esa melimpahkan kepada kita semua rasa kepedulian dan kebersamaan yang tinggi serta kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan kegiatan dan tugas kita bersama di kampus yang kita banggakan ini. Selamat belajar dan berkarya
Wakil Rektor III UMT
Ttd
Drs. Desri Arwen, M. Pd