Pengantar Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (Kebidanan/Keperawatan)

A.PENDAHULUAN
Sistem pembelajaran AL-Islam di lembaga pendidikan bukan semata upaya transfer pengetahuan agama kepada mahasiswa. Akan tetapi, pengajaran tersebut guna memersiapkan mereka memahami nilai-nilai dan esensi ajaran Islam. Sehingga kelak, secara konsisten mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam kaitannya dengan ciri khas dan ruh yang membedakan pendidikan Muhammadiyah dengan pendidikan lainnya, penggunaan istilah Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan (AIK) pada lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah dalam semua jenjang pendidikan menjadi sangat relevan dan menemukan identitasnya yang tepat.
Hal ini juga dipicu oleh perkembangan dunia pendidikan yang tidak hanya mengandalkan intelligent quotient (IQ) sebagai satu-satunya parameter kecerdasan peserta didik, tetapi Lembaga-lembaga pendidikan kini juga harus mengembangkan parameter kecerdasan lain, yaitu emotional quotient (EQ) dan spiritual quotient (SQ).
Para ahli dan praktisi pendidikan mutakhir memerlihatkan faktor-faktor terkait mengapa orang ber-IQ tinggi gagal meraih sukses dalam kehidupannya, tetapi orang yang ber-IQ sedang mampu menggapai sukses. Dalam perkembangannya, untuk melahirkan generasi yang excellent, profesional dan bermoral lantas muncul sebuah ukuran kecerdasan yang disebut emotional quotient (EQ) dan spiritual quotient (SQ).

selengkapnya dapat didownload di sini : http://www.ziddu.com/download/16401664/MATAKULIAHPENDIDIKANAGAMAISLAM.doc.html

About these ads